YOGYAKARTA

1. Candi Borobudur

candi borobudur

Candi Borobudur sudah sangat terkenal di dunia. Candi ini masuk kedalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Candi ini merupakan Candi Budha terbesar dan terlengkap di dunia. Dilihat dari atas, bentuk Candi Borobudur menyerupai bunga teratai, yang akan sangat indah bila dilihat pada saat matahari terbit atau terbenam.

Candi Borobudur sebetulnya masuk dalam wilayah Magelang, Jawa Tengah. Tapi, wisatawan yang liburan ke Jogja sering sekali memasukan candi Borobudur sebagai salah satu tempat yang akan dikunjungi. Itu sebabnya saya masukan juga ke dalam list tempat wisata di Jogja.

Terletak sekitar 40Km barat laut dari Yogyakarta, candi yang memiliki 72 stupa ini selalu menjadi salah satu tujuan utama turis, baik domestik maupun mancanegara.

2. CANDI PRAMBANAN

candi prambanan

Candi lainnya yang terkenal adalah Candi Prambanan. Terletak sekitar 17Km dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini memiliki relief yang menceritakan kisah mengenai Ramayana dan Krishnayana.

Di Candi ini pula pertunjukan Rama Shinta digelar. Hari-hari biasa pertunjukan ini digelar di dalam ruangan, pada malam purnama pertunjukan hampir selalu digelar diruang terbuka dengan Candi Prambanan berperan sebagai latar belakang, memberikan pemandangan yang indah.

Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka tidaklah sulit untuk mencapai candi ini. Transportasi umum pun tersedia menuju tempat ini bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi. Tempat ini tidak pernah kalah menarik dari tempat wisata baru di Jogja lainnya yang terus bermunculan.

3. Pantai Indrayanti

pantai sawal indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu destinasi wisata pantai di Jogja yang sekarang cukup populer. Dengan bentang pasir yang putih bersih khas pantai selatan, pemandangan yang indah, dan fasilitas yang cukup lengkap, pantai ini banyak menjadi tujuan wisatawan.

Selain itu, lokasinya tidak berjauhan dengan pantai-pantai lain yang juga populer. Misalnya saja pantai krakal, pantai sundak, ataupun pantai pok tunggal.

Jadi, anda bisa sekaligus mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang tidak berjauhan tempatnya.

4. Jalan Malioboro

jalan malioboro

Jalan paling terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Di sepanjang jalan ini terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, dari pakaian, kerajinan tangan sampai makanan. Salah satu hal yang khas mengenai Malioboro adalah penjual makanan lesehan.

Penjual makanan lesehan ini akan menggelar lesehannya setelah jam 5 sore. Jalan Malioboro akan lebih ramai pada malam hari karena di beberapa tempat akan ada beberapa group pemusik jalanan yang akan menghibur pengunjung dengan lagu-lagu mereka.

Selain itu pada malam hari Anda juga dapat melihat beberapa orang mengenakan berbagai macam kostum yang akan bersedia difoto tanpa bayaran. Jalan Malioboro memang selalu menarik untuk dikunjungi. Suasana jalan ini memang unik, anda yang mencari wisata jogja malam hari juga bisa berjalan-jalan di sini

Jalan Malioboro bisa dikatakan salah satu spot foto di Jogja yang wajib. Rasanya ga lengkap berlibur jika ngga berfoto disini.

5.Pasar Beringharjo

pasar beringharjo

Pasar Beringharjo terletak di Jalan Malioboro. Pasar tertua di Yogyakarta ini terkenal sebagai tempat turis membeli souvenir dengan harga murah. Berbagai macam barang tersedia di pasar ini, dari batik, makanan tradisional, uang kuno, bahan dasar jamu tradisional hingga barang antik.

Belum lengkap rasanya bila ke Yogyakarta tapi belum mengunjungi pasar Beringharjo yang merupakan salah satu tempat legendaris di Yogyakarta.

6. Benteng Vredeburg Yogyakarta

benteng vredeburg

Satu lagi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Benteng Vredeburg juga terletak di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini telah menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia.

Pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga dijadikan tempat penyelenggaran beberapa festival kebudayaan. Apabila Anda hanya ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana di benteng Belanda ini maka kunjungilah café yang menyajikan makanan khas Belanda yang berada di dalam benteng,yang bernama Indische Koffie.

 7. Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta

Salah satu tempat wisata budaya lainnya di Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta. Keraton ini adalah salah satu bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh Sultan dan keluarga Sultan. Di keraton ini juga terdapat museum yang memamerkan barang-barang kesultanan Yogyakarta dari barang rumah tangga sampai barang-barang unik yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa.

Waktu terbaik untuk mengunjungi keraton adalah dipagi hari karena tempat ini hanya dibuka sampai jam 2 siang. Bila Anda berminat, Anda juga bisa menyewa pemandu yang telah disediakan keraton untuk menjelaskan mengenai arsitektur dan sejarah keraton dengan harga yang tidak begitu mahal.

8.Taman Sari Jogja

museum gunung merapi

Jaman dulu Taman Sari Jogja merupakan tempat rekreasi dan meditasi keluarga kerajaan Yogyakarta. Pesona Istana Taman Sari terletak pada keindahan arsitekturnya yang kuno dan pemandangan yang indah.

Istana ini dibangun untuk menghargai jasa para istri Sultan yang telah membantu semasa perang. Istana ini dikelilingi dengan taman bunga yang memberikan wangi semerbak ke sekitarnya.

9.Museum Gunung Merapi

museum gunung merapi

Salah satu tempat wisata di Kaliurang yang wajib ada kunjungi nih. Museum Gunung Merapi ini diresmikan pada tahun 2009, dan terletak sekitar 5 Km dari Kaliurang.

Museum ini merupakan sarana pendidikan dan informasi mengenai kegunungapian dan bencana geologi lainnya. Di tempat ini juga di pamerkan karya seni yang melukiskan dongeng asal muasal Merapi